kembali ke home

Nike Nadia, Si Relawan yang Menang “Kerja Itu Main”

Share

Pengalaman dan prestasi yang diukir Nike membuktikan bahwa pilihan hidup sebagai seorang relawan bisa mengantarkannya menuju kesuksesan, di samping memberikan rasa bahagia karena ikhlas membantu orang lain. Kesungguhannya terjun sebagai pekerja sosial berhasil merebut hati tim juri Kerja Itu Main, yang kemudian memilihnya sebagai Acer Explorer periode ke-3.

#TheHappinessProject, begitulah Nike menyebut pengalaman hidupnya dengan memilih untuk bekerja penuh menjadi volunteer. Perempuan yang kini ‘mengabdi’ sebagai full time volunteer di unit pengaduan Komnas Perempuan Republik Indonesia ini memang kaya pengalaman di dunia relawan.

Nike pernah mencurahkan tenaga dan waktunya secara sukarela untuk beberapa social project, seperti event #Cewequat100%Giveback dari Cewequat Community untuk mengedukasi perempuan muda tentang dunia perempuan hingga bergabung ke komunitas HIVOS Indonesia untuk mengedukasi stop HIV/AIDS ke sekolah-sekolah di Jakarta melalui tarian Dance4Life.

Bagi Nike, menjadi relawan itu keren. Dunia volunteering memberikan kesempatan baginya untuk keliling Indonesia. Seperti saat menjadi volunteer di kegiatan inkuiri nasional mengenai perempuan adat dengan funding dari UNDP PBB. Pekerjaan tersebut menuntutnya untuk mengunjungi daerah-daerah di bagian timur Indonesia, seperti Lombok, Mataram, Ambon hingga Papua, untuk bertemu perempuan adat di sana.

Bergabung menjadi relawan turut membantu Nike mendalami hobi menulisnya. Perempuan asal Bandung, Jawa Barat, ini bahkan memiliki akun Tumblr khusus yang membahas tentang pengalaman dan kegiatan volunteering-nya di www.niknad.tumblr.com. Bahkan passion-nya sebagai seorang social worker yang ditunjang dengan hobi menulis, membuatnya dipercaya menjadi kontributor di Yahoo Indonesia, majalah Kawanku hingga majalah Gogirl! untuk menulis artikel bertemakan girl and youth issue.

Tak hanya itu saja, masuk ke dunia volunteering bahkan mengasah keterampilan Nike di bidang seni tari dan styling untuk keperluan volunteer. Pada gilirannya, keterampilan-keterampilan tersebut memberikan nilai tambah pada dirinya untuk mengukir sejumlah prestasi. Ia pernah berhasil menjadi pemenang utama Blogger Competition Women In You by The Flavor Bliss, Runner Up Cosmogirl! of The Year 2012, CitaCinta Change-lebration 2013, finalis Campaign ‘Kuatnya Kelembutan Sunsilk Unilever 2014’, hingga finalis International Competition Global Dialogues 2015 yang diadakan di Kenya dan Guatemala. Menarik ya Kerja Itu Main ala Nike?

Bersama Dany ‘Si Bambu Elektronika’, Handra ‘Si Video Maker’ dan Heru ‘Si Pesepeda Lifestyle BMW Pro’, Nike kini menjadi Acer Explorer selanjutnya. Sebagai Acer Explorer dalam program yang digagas oleh Acer Indonesia dan Intel Indonesia ini, Nike berhak mendapatkan penghasilan tambahan sebesar Rp 20 juta per bulan selama 5 bulan. Ia juga akan mengeksplor ‘dunia’nya menggunakan Acer One 10, notebook hybrid terlaris di Indonesia.

Hadiah tersebut nantinya akan digunakan Nike untuk mendukung pekerjaan sosialnya. Nike berencana menggunakan uang tersebut untuk menginisiasi social project lainnya. Ia juga ingin melakukan kunjungan ke komunitas-komunitas sukarelawan. Perempuan yang memulai keikutsertaannya sebagai pekerja sosial di Food and Agriculture Organization (FAO) sejak masa kuliah ini juga ingin mengembangkan passion-nya di bidang sukarelawan. Oleh karena itu, Nike berencana untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang S2 dalam bidang pengembangan komunitas dan gender.

Kini, tahap pendaftaran di www.kerjaitumain.com yang berlangsung sejak 29 April – 29 Juni 2015 lalu telah berakhir! Tim juri pun tengah melakukan proses pemilihan dua kandidat Acer Explorer periode ke-4. Jadi nantinya bakal ada total 6 Acer Explorer termasuk Dani, Handra, Heru dan Nike. Semoga video, foto maupun cerita inspiratif dan sesuai passion yang sudah kamu submit ke www.kerjaitumain.com berhasil terpilih oleh tim juri ya. Pemenang yang terpilih berkesempatan untuk mengeksplor dunia main kamu bersama Acer One 10, notebook hybrid terlaris di Indonesia, plus berhak mendapatkan penghasilan tambahan sebesar 20 juta per bulan selama 5 bulan.

img1 img2