kembali ke home

Ariev Rahman, Sosok Sukses Kerja Sambil Main

Share
Banyak di antara kita yang sudah menjalankan kerja itu main. Ariev Rahman adalah satu contohnya yang sukses mendapatkan penghasilan dengan mendalami passionnya yaitu: traveling dan menulis. Penasaran dengan hidup kerja itu main ala Ariev? Yuk kenali lebih lanjut profilnya Ariev agar kamu lebih terinspirasi menjalani kerja itu main!

Nama Ariev Rahman dikenal sebagai travel blogger, penulis dan backpacker. Kisah perjalanannya di travel blog pribadinya, backpackstory.me, mengantarkan Ariev pada keberhasilannya menyabet penghargaan Indonesia’s Best Travel Blog of the Year 2014 dari situs pencarian perjalanan global terkemuka, Skyscanner.

Berawal dari patah hati di tahun 2010, Ariev memutuskan untuk membuat passport dan pergi liburan ke Singapura bersama temannya. Inilah perjalanan pertamanya ke luar negeri, sekaligus mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan. Perjalanan ini pulalah yang mengantarkan pria pemilik nama lengkap Muhammad Arif Rahman ini menemukan passion-nya.

Meskipun mengaku suka menulis cerpen untuk mengisi waktu luang, Ariev tak lantas langsung menyadari talentanya tersebut. Saat pertama kali traveling ke luar negeri, Ariev juga belum berencana untuk menulis pengalamannya di blog. Pria kantoran ini justru mengaku sempat mencoba melakukan berbagai pekerjaan untuk menemukan passion-nya, termasuk berdagang. Hingga akhirnya di tahun 2011, ia ditawarkan untuk menerbitkan buku kumpulan cerpen bersama teman-temannya.

“Menemukan passion memang tidak gampang. Dulu saya pernah mencoba berbagai macam pekerjaan. Namun passion saya ternyata di menulis, padahal saya sudah mulai suka menulis cerpen sejak tahun 2009,” tutur pria pemilik akun Twitter @arievrahman ini, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

Menyandang status travel blogger dimulai pada awal tahun 2012. Saat itu, Ariev mengaku sudah lebih sering melakukan backpacking karena menjadi ‘pemburu’ tiket murah. Pengalaman selama menjelajahi berbagai kota di Tanah Air maupun luar negeri akhirnya ia ‘abadikan’ di dalam blognya.

“Materi tulisan udah banyak, ya sejak saat itu mulai nulis di blog. Blogging awalnya hanya untuk sharing pengalaman dan dokumentasi saja,” tambahnya.

Bagi Ariev, konsisten menjadi kata kunci kesuksesannya menjadi travel blogger dan penulis. Ariev pun mengaku selalu menjadwalkan menulis konten baru di blog minimal sekali seminggu. Kini, Ariev menikmati buah manis passion menulisnya sebagai sumber penghasilan tambahan.

“Saya sering diajak ngetrip bareng gratis. Pernah juga menulis untuk salah satu website traveling hingga di-endorse beberapa produk,” jelas Ariev yang kini sedang disibukkan dengan menyelesaikan buku selanjutnya.

Pria kelahiran Semarang ini kini sudah menerbitkan beberapa buku kumpulan cerpen, seperti “The Journey 3”, “Digital Love”, “The DestiASEAN”, “Jakarta Bandung Jogja”, “Rasa Cinta” dan “Empat Elemen”. Selain itu, Ariev juga telah menelurkan buku karyanya sendiri yang berjudul “Generasi 3G (Gaul, Galau, Gombal).”

Nah, itu dia Kerja itu Main ala Ariev Rahman. Seru ya! Kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan seperti Ariev? Ceritakan Kerja itu Main ala kamu sendiri dan yakinkan kami untuk memilih kamu sebagai salah satu pemenang Rp 20 juta/bulan. Kirim video dan cerita kreatif kamu sekarang juga di sini!
img1 img2